Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo

Apa itu Wacana dan Pengertian Wacana Menurut Menurut Para Ahli

Apa itu wacana? Jika diartikan secara umum wacana adalah rangkaian kalimat yang saling berkaitan dan menghubungkan antara suatu proposisi dengan proposisi yang lain sehingga menciptakan satu kesatuan.

Wacana adalah satuan bahasa yang utuh dan lengkap, karena setiap bagian yang menyusun suatu wacana itu berhubungan secara padu. Wacana bisa berupa karangan, paragraf, ataupun kalimat.

Istilah “wacana” sebenarnya berasal dari bahasa sansekerta wak, wac, dan vak, yang berarti berucap atau berkata.

Pengertian Wacana Menurut Menurut Para Ahli

James Deese

Jame Deese mendefinisikan wacana adalah seperangkat proposisi yang berhubungan satu sama lain untuk menciptakan suatu rasa kohesi atau rasa kepaduan bagi pembaca atau penyimak. Kohesi atau kepaduan itu sendiri harus muncul dari isi wacana, namun banyak kepaduan yang dirasakan oleh pembaca atau penyimak harus muncul dari cara  penyampaian, yaitu pengutaraan wacana itu.

Baca Juga  Mengenal Jenis-Jenis Bahan Kaos yang Sesuai untuk Desain Kaosmu

Sumarlan dan Kawan-kawan

Sumarlan dan Kawan-kawan menjelaskan pengertian Wacana adalah satuan bahasa paling lengkap yang dinyatakan secara tertulis seperti cerpen, novel, dokumen tertulis, buku, dan surat atau secara lisan seperti pidato, ceramah, khotbah, dan dialog yang dilihat dari struktur lahirnya ataupun segi bentuk yang bersifat kohesif, saling berhubungan dan dari struktur batin ( segi makna ) bersifat koheren terpadu.

Fatimah Djajasudarma

Pengertian wacana adalah serangkaian kalimat yang berkaitan, menghubungkan antara proposisi satu dengan proposisi lain, menciptakan satu kesatuan, proposisi berperan sebagai isi konsep yang masih kasar dan melahirkan pernyataan atau statement dalam bentuk kalimat atau wacana.

Jenis-Jenis Wacana

1. Deskripsi

Deskripsi adalah karangan yang bisa menggambarkan objek atau sesuatu berdasarkan hasil perasaan, pengalaman, dan pengamatan penulis.

2. Eksposisi

Eksposisi adalah karangan yang menerangkan atau menjelaskan suatu karangan secara terperinci dengan tujuan supaya memberikan informasi dan bisa memperluas pengetahuan atau ilmu setiap pembacanya.Pada umumnya, karangan eksposisi digunakan pada karya ilmiah semisal artikel ilmiah, makalah-makalah, simposium, seminar, dan penataran.

Baca Juga  Perbedaan Bahan Kaos Jenis Cotton Combed 20s, 24s, 30s dan 40s untuk Pembuatan Kaos

3. Argumentasi

Argumentasi adalah karangan yang berisikan sikap, pendapat, atau penilaian pada hal-hal yang disertakan alasan, bukti, dan pernyataan yang bisa diterima secara logis. Tujuan dari karangan argumentasi yaitu berusaha meyakinkan pembaca mengenai kebenaran yang disampaikan oleh pengarang.

4. Narasi

Narasi adalah cerita yang bisa didasarkan pada urutan kejadian atau peristiwa. Narasi bisa juga berbentuk narasi ekspositaris dan narasi imajinatif. Beberapa unsur narasi antara lain konflik, kejadian, plot, alur, tokoh, dan latar yang terdiri dari latar suasana, waktu, dan tempat.Satu lagi jenis-jenis wacana adalah Persuasi.

Contoh Wacana

Contoh wacana singkat: Hati-hati! Ada lantai licin didepan anda·         

Contoh wacana deskripsi: Xiaomi redmi note 4x adalah smartphone terbaru dari Xiaomi yang dibekali dengan RAM 3GB, internal 32GB, layar 5.5 inch, kamera depan 5 MP dan kamera belakang 13 MP.

Baca Juga  Kenali Perbedaan Dokter (dr.) dan Doktor (Dr.)

Contoh wacana narasi: Hari Senin Hari senin adalah hari paling padat dan melelahkan bagi semua orang, begitu juga dengan aku. Ketika teman-teman sebayaku mulai mempersiapkan diri di pagi buta untuk berangkat ke sekolah, namun aku sudah bangun jam 3 pagi untuk membuat dagangan dan membawanya ke pasar di jam 6 pagi.
Aku dan ibu harus mulai membuat jajanan pasar dan bergegas agar sudah matang sebelum jam 6 pagi. Berangkat dari rumah dengan penuh keyakinan, aku dan ibu akan menjajakan barang dagangan di pasar sampai jam 10 pagi nanti. Aku harus merelakan putus sekolah karena kondisi ekonomi yang terbatas dan supaya bisa membantu ibu berjualan di pasar untuk mengais rezeki.