Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo

Perbedaan Audit Manajemen dan Audit Keuangan

Artikel audit manajemen kali ini akan menjelaskan perbedaan audit manajemen dan audit keuangan / perbedaan audit manajemen dan audit finansial.

Perbedaan Audit Manajemen dan Audit Keuangan

Apa perbedaan audit keuangan dan audit manajemen ?

Persamaan audit manajemen dan audit keuangan adalah sama-sama memerlukan auditor dalam prosesnya. Adapun perbedaan tujuan audit manajemen dan audit keuangan adalah sebagai berikut :

  • Pengguna laporan audit manajemen adalah pihak internal perusahaan. Sedangkan pengguna laporan audit keuangan adalah pihak eksternal perusahaan seperti investor, kreditor, pemegang saham, pemerintah dkk.
  • Bentuk laporan audit manajemen bersifat tidak baku. Laporan audit keuangan bersifat baku.
  • Aspek audit manajemen lebih luas daripada audit keuangan yaitu bisa bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Akuntansi keuangan ruang lingkup aspeknya cenderung ke data kuantitatif / finansial saja.
  • Proses audit manajemen pada umumnya adalah menemukan kelemahan perusahaan, menganalisisnya, lalu merekomendasikan perbaikan atas program / aktivitas perusahaan. Sedangkan akuntansi keuangan prosesnya adalah mengaudit data-data akuntansi, kemudian memproses pencatatan dan laporan akuntansi tersebut tanpa perlu merekomendasikan sesuatu.
  • Pelaksana audit manajemen bisa dari auditor internal ataupun auditor eksternal. Sedangkan pelaksana audit keuangan harus auditor eksternal / auditor yang independen.
  • Orientasi audit manajemen adalah masa depan yaitu untuk memperbaiki kinerja di masa yang akan datang. Sedangkan orientasi audit keuangan adalah masa lalu / historis yaitu penilaian kinerja perusahaan di masa yang lampau.
  • Tujuan audit manajemen adalah untuk mencapai tingkat penghematan, efektif dan efisien. Tujuan audit keuangan adalah untuk memeriksa apakah laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan telah sesuai dengan PABU atau tidak.
  • Frekuensi audit manajemen tidak baku / tidak tentu tergantung keputusan pihak manajemen. Sedangkan frekuensi audit keuangan bersifat rutin mengikuti terbitnya laporan keuangan.
Baca Juga  Prinsip Hukum Ekonomi Syariah

Itulah beberapa perbedaan audit manajemen dan audit keuangan. Semoga teman-teman bisa memahami persamaan dan perbedaan audit keuangan dan audit manajemen. Semoga bermanfaat !