Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo

Manfaat Daun Tapak Dara Untuk Kesehatan, Kanker, Dan Diabetes

Manfaat Daun Tapak Dara – Indonesia adalah negara beriklim tropis, karena dilewati garis khatulistiwa, mempunyai bebagai jenis tanaman yang beraneka ragam karena saking banyaknya. Mulai dari tanaman untuk obat batan, manufaktur, pangan, papan, untuk kecantikan, dan dapat dinikmati dari segi estetikanya.

Nah untuk kesehatan terkadang kita tidak menyadari, ada tumbuh tumbuhan disekitar kita yang mudah kita dapatkan, tapi karena belum mengetahu manfaatnya yang besar untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah manfaat daun tapak dara yang cukup banyak untuk kesehatan dan kecantikan.

Mungkin jika anda dan sebagian besar orang Indonesia mendengar nama tapak dara masih asing ditelinga. Tap jika anda melihatnya wujud dari tapak dara pasti anda tidak asing lagi. Hal tersebut dikarenakan tapak dara merupakan salah satu tanaman yang dijadikan sebagai tanaman hias. Cirinya yakni bunganya berwarna merah jambu.

Dikarenakan daun tapak dara kebanyakan hanya digunakan sebagai tanaman hias, jadi orang tidak banyak tahu tentang daun tapak dara atau nama latinnya Catharanthus Reseus L yang memiliki manfaaat untuk kesehatan yang cukup banyak. Baik itu untuk kesehatan dan kecantikan.

Hal tersebut karena dalam tanaman tapak dara mengandung berbagai nutrisi dan zat yang baik untuk tubuh untuk mengobati berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan.

Manfaat daun tapak dara untuk kesehatan diantaranya dapat mengatasai masalaah penyakit kanker, diabetes, leukimia, kanker, batu ginjal dan bebagai penyakit berat lainnya.

Cara Menanam Bunga Tapak Dara

Seperti yang telah saya jelaskann diatas bahwa tanaman tapak dara sangat mudah untuk tumbuh dan berkembang di iklim tropis, seperti di negara kita Indonesia. Cara menanam bunga tapak dara cukuplah mudah, bisa dengan menanam bijinya atau dengan metode stek.

Selain itu anda dapat menanam bunga tapak dara dengan beberapa media dengan menggunakan sekam kayu dan air secukupnya. Cara lain yang dapat anda terapkan yakni dengan ditanam dengan cara hidroponik. Selain itu, kebanyakan tanaman tapak dara ditanam pada tempat atau wadah dengan digantung menggunakan kawat kecil.

Ciri Ciri Tanaman Tapak Dara

  • Tapak dara (Catharantus roseus) banyak dipelihara sebagai tanaman hias.
  • Tanaman tapak dara sering dibedakan berdasarkan jenis bunganya, yaitu bunga warna putih dan merah.
  • Tanaman tapak dara merupakan tanaman semak tegak yang dapat mencapai ketinggian batang sampai 100 cm yang biasa tumbuh subur di pedesaan beriklim tropis.
  • Ciri-ciri tanaman ini yaitu memiliki batang yang berbentuk bulat dengan diameter berukuran kecil, berkayu, beruas dan bercabang.
  • Daun tapak dara berbentuk bulat telur, berwarna hijau dan diklasifikasikan berdaun tunggal.
  • Bunga tapak dara mirip terompet dengan permukaan berbulu halus.
  • Tanaman tapak dara juga memiliki rumah biji yang berbentuk silindris menggantung pada batang. Penyebaran tanaman ini melalui biji.
  • Bentuk daun tapak dara berbentuk memanjang dengan bulu-bulu halus di kedua sisinya dan posisi daun saling berhadapan.
  • Bunga tapak dara tumbuh di ketiak daun berukuran kecil, hampir sama dengan telapak burung dara atau merpati.
  • Bunga umumnya terdiri atas lima kelopak.

Klasifikasi Tapak Dara

Tapak dara atau nama latinnya Catharanthus roseus merupakan satu di antara jenis tanaman hias yang memiliki nama sinonim Vinca rosea, Ammocalis rosea, atau Lochnera rosea.

  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas : Asteridae
  • Ordo : Gentianales
  • Famili : Apocynaceae
  • Genus : Catharanthus
  • Spesies : Catharanthus roseus.

Kandungan Daun Tapak Dara

Dalam daun tapak dara, cukup banyak senyawa aktif didalamnya. Senyawa yang ada dalam daunnya bermanaat untuk kesehatan. Kandungan senyawa tersebut diantaranya.

  1. Saponin, senyawa saponin terdiri atas gugus gula yang berikatan dengan aglikon atau sapogenin. Saponin dapat menghemolisis atau mengeluarkan sel darah merah dan anti inflamasi. menurut Harborne 1996
  2. Flavonoid, Tiga kelompok flavonoid yang biasanya dipelajari, yaitu antosianin, flavonol dan flavon.
  3. Tanin adalah senyawa metabolit sekunder yang terbentuk dengan kondensasi turunan flavonoid. Senyawa tanin dapat berikatan dengan protein dan terbentuk kompleks tanin – protein yang larut dan tidak larut.
  4. Triterpenoid, Triterpenoid sendiri merupakan senyawa dimana kerangka karbonnya berasal dari enam satuan isoprena dan secara biosintesis diturunkan dari skualena. Senyawa triterpenoid terdiri dari alkohol, asam karboksilat, dan aldehida. Jika senyawa triterpenoid bercampur dan bergabung atau menyatu dengan saponin, maka efeknya dapat menghambat pertumbuhan sel sel kanker.
  5. Vincristine, Selain untuk dipakai dalam pengobatan leukemia, daun tapak dara bermanfaat  karena kandungan vincristine juga dapat untuk mengobati kanker payudara, dan tumor ganas.
  6. Vinblasine, daun tapak dara memilki kandungan vinblasine sendiri dapat digunakan dalam pengobatan penyakit leukimia.
  7. Vindesine, kandungan vindesine dalam daun tapat dara memiliki manfaat untuk kesehatan, yakni dipakai dalam pengobatan leukemia pada anak-anak, dan penderita tumor pigmen.
  8. Vinorelbine, dalam daun tapak dara tekandung senyawa vinorelbine, senyawa tersebut seringkali digunakan sebagai bahan pengobatan untuk mencegah pembelahan kelenjar.

Itulah beberapa kandungan dari daun tapak dara yang bagus untuk kesehatan tubuh. Slanjutnya akan kami bahas khasiat daun tapak dara untuk kesehatan dan kecantikan.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Vitamin A B C D Secara Umum

Manfaat Daun Tapak Dara Untuk Kesehatan

Siapa sangka pohon tapak dara yang mudah ditemukan karena mudah untuk berkembang biak dan diguakan untuk tanaman hias, ternyata emiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan. Simak enjelasan berikut.

1. Daun Tapak Dara Untuk Menghambat Kanker

Manfaat daun tapak dara yang pertama adalah untuk menghambat pertumbuhan kanker. Seperti yang telah kami jelaskan diatas, jika senyawa triterpenoid bergabung dengan saponin, maka akan mampu menghambat pertumbuhan sel sel kanker.

Konsumsi jus tapak dara sehingga manfaatnya baik untuk kesehatan dengan mencegah kanker. Karena seperti yang telah kita ketahui bahwa kanker meupakan salah satu penyakit paling berbahaya. Anda dapat mengolah daun tapak dara untuk pengobatan dengan cara direbus.

Cara yang dapat anda tempuh sebagai berikut, Siapkan beberapa lembar daun tapak dara secukupnya dan air panas untuk menyeduhnya, usahakan memilih daun yang masih muda, cuci terlebih dahulu hingga benar benar bersih dengan air bersih.

Langkah selanjutnya, anda dapat mengiris daun tapak dara tersebut kecil kecil. Setelah itu anda dapat memasukkannya ke dalam wadah, setelah itu seduh dengan air panas. Jika sudah, tunggu dan diamkan selama beberapa menit hingga air dalam wadah tersebut berubah warnanya, dan jangan sampai terlalu dingin.

Usahakan masih dalam keadaan hangat dan anda dapat mencampurnya dengan madu sebagai penambah rasa manis, atau bisa juga dengan gula, tapi jangan banyak banyak.

Selain itu Sebuah penelitian yang ddilakukan oleh tim dari sebuah perudaah obat dari Amerika Ely Lilly, menjabarkan bahwa manfaat tanaman tapak dara mampu mencegah sel kanker.

Cara untuk mengolah daun tapak dara yang selanjutnya yakni siapkan lima belas gram daun tapak dara masih segar, empat puluh gram daunpepaya dan tiga puuluh gram daun bayam merah, tiga puluh gram rumput mutiara serta 700 cc air.

Campur semua bahan tadi dan rebus hingga menyisakan sekitar tiga ratus cc pada airnya. Setelah itu saring terlebih dahulu dengan ditambahkan madu sebelum anda minu. Bila perlu anda dapat meminumnya tiga kali dalam sehari, minum seratus cc air rebusan tadi tiap sekali minum.

2. Daun Tapak Dara Untuk Diabetes

Kegunaan daun tapak dara yang selnjutnya adalah untuk menurunkan kadar gula darah. Diabetes mellitus atau DM asal katanya berasal dari bahasa Yunani dari kata ”diabainein” yang berarti tembusan atau pancuran air.

Mellitus berasal dari bahasa latin yang berarti rasa manis. Jadi secara sederhana keadaan ini menunjukan tentang kondisi tubuh penderita yaitu adanya cairan manis yang mengalir terus.

Penyakit ini ditandai dengan hiperglikemik (peningkatan kadar gula darah) yang secara terus menerus dan bervariasi, terutama setelah makan.

Penyakit Diabetes mellitus merupakan penyakit kelainan metabolisme yang disebabkan oleh kurangnya hormon insulin. Dimana Hormon insulin merupakan sebuah hormon yang dihasilkan oleh sekelompok sel b pulau langerhans pankreas dan sangat berperan dalam metabolisme glukosa dalam sel tubuh.

Kadar glukosa yang tinggi dalam tubuh tidak bisa diserap semua dan tidak mengalami metabolisme dalam sel. Akibatnya seseorang akan kekurangan energi sehingga mudah lelah dan berat badan akan terus turun.

Kadar glukosa yang tinggi dalam tubuh tidak bisa diserap semua dan tidak mengalami metabolisme dalam sel. Akibatnya seseorang akan kekurangan energi sehingga mudah lelah dan berat badan akan terus turun.

Klasifikasi Penyakit diabetes ada dua, yakni diabetes mellitus tipe sat dan diabetes mellitus tipe dua. Selain menempuh dengan pengobatan medis, perlu di coba juga dengan pengobatan herbal, yakni dengan daun tapak dara.

Cara yang dapat di tempuh untuk menurunkan kadar gula darah, sama dengan cara menghambat kanker dengan menggunakan daun tapak dara yang telah direbus, bedanaya siapkan lima belas lembar daun tapak dara dan campur dengan tiga gelas air.

Setelah itu rebus sampai tersisa satu gelas saja. dan campurkan dengan madu, minum selagi hangat. Namun perlu ditekankan bahwa sebaiknya konsultasikan dulu dengan ahlinya.

3. Mengatasi Stress

Bila anda merasa lelah dan penat dalam melukakn kegiatan sehari hari, atau bahkan mungkin galau mungkin anda telah mengalai yang namanya stress. Stres penyebabnya sangat banyak, mulai dari tekanan kerja, tugas kuliah yang banyak, masalah finansial, dan lain lain yang mengganggu kedamain pikiran.

Perlu anda ketahui, bahwa stress bukan hanya dapat memperngaruhi kondisi psikis anda, namun juga efeknya akan berimbas pada kondisi fisik anda.  Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat mencoba minum teh daun tapak dara.

Selain rutin mengkonsumsi olahan daun tapak dara, harus dibarengi juga dengan melakukan olahraga fisik yang terfokus pada pikiran, agar dapat membantu merilekskan dan menenangkan pikiran akan beban yang anda alami, sehinnga penyakit stress akan lebih mudah terobati.

4. Mencegah Gangguan Susah Tidur

Manfaat daun tapak dara yang ke empat adalah untuk mengatasi susah tidur atau insomnia. Insomni merupakan gangguan tidur yang sering dialami oleh masyarakat modern yang serba cepat, membuat pikiran tidak tenang dan tidak rileks.

Jika dibiarkan, maka dapat memunculkan gangguan kesehatan yang parah. Oleh karena itu anda peru berhati hati dan mengatasi insomnia.

Salah satu cara yang dapat kamu tempuh adalah dengan mengkonsumsi teh daun tapak dara. Dalam daun tapak dara terkandung senyawa yang mampu menenangkan saraf otak, sehingga kualitas tidur anda akan semakin meningkat lebih baik.

5. Tapak Dara Untuk Melancarkan Peredaraan Darah

Selain untuk mencegah insomnia, ternyata daun tapak dara juga mampu untuk melancarkan peredaran darah. Seperti yang telah anda ketahui, jika peredaran darah merupakan salah satu faktor terpenting dalam tubuh.

Bila terjadi gangguan peredaran darah, baik itu akibat penyumbatan akibat kolestrol, maka akan menyebabkan penyakit mematikan lainnya muncul, seperti stroke dan serangan jantung.

Baca Juga  Manfaat Sayur Kangkung Serta Tips Memasaknya Agar Kandungan Tidak Hilang

Bila anda rutin mengkonsumsi daun tapak dara secara rutin, maka akan didapatkan manfaat yang bagus untuk memperlancar perdaran darh dalam tubuh, termasuk saluran darah yang menuju otak.

6. Detoks Racun

Mnanfaat daun tapak dara yang lainnya, selain untuk memperlancar perdaran darah, juga mampu dimanfaatkan sebagai detoks racun. Proses dari pengeluaran racun atau detoks dalam tubuh sangatlah penting.

Detoks racun diperlukan, agar radikal bebas serta racun dalam tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit dapat di keluarkan. Caranya yakni merebus daun tapak dara secukupnya, dan minum selagi hangat dengan mencampurkan madu.

7. Mengatasi Masalah Batu Ginjal

Mungkin sebagian dari anda sudah tahu apa itu batu ginjal. Batu ginjal sendiri adalah salah satu penyakit yang banyak di derita oleh kaum pria, penyebabnya yakni oleh kurangnya asupan ar putih karena mengkonsumsi alkohol serta banyak gaya hidu yang tidak baik.

Maka dari itu ada manfaat daun tapak dara untuk mengatasi batu ginjal dengan mudah dan aman. Caranya dengan rutin mengkonsumsi rebusan daun tapak dara.

Cara mengolah daun tapak dara untuk obat batu ginjal, siapkan terlebih dahulu tiga pulu gram daun tapak dara dan tigapuluh gram daun keji beling, jangan lupa lima belas gram daun tempuyung dan enam ratus cc air bersih. Campur semua bahan tai dan rebus hingga menyisakan sekitar tiga ratus cc air rebusan, saring dan minum dua kali sehari, sebaiknnya dalam kondisi masih hangat.

8. Mencegah Tumor

Penyakit tumoor meupakan salah satu penyakit berbahaya, selain kanker yang menyerang tubuh. Tumor sangat berbahaya, baik itu tumor yang jinak maupun tumor ganas yang dapat tumbuh sewaktu waktu, tanpa diketahui sebelumnya, karena minim ciri ciri gejala munculnya tumor.

Maka dari itu, pencegahan tumor sangatlah penting, sebelum tumor tersebut tumbuh dan berkembang dalam tubuh. Salah satu tindakan pencegahan tersebut yakni dengan bantuan daun tapak dara, yang bermanaat untuk membantu mencegah tumor.

Salah satu cara yang dapat anda tempuh yakni dengan bantuan tapak dara yang sebelumnya telah direbus terlebih dahulu dan dicampur dengan madu secukupnya. Namun anda juga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, apakah aman bagi tubuh seseorang. Karena kondisi tubuh seseorang tidak sama dengan lainnya.

9. Mencegah Leukimia (Kanker Darah)

Penyakit leukimia atau kanker darah perlu anda ketahui, bahwa penyakit tersebut merupakan salaah satu penyakit yang berbahaya dan mampu merenggut nyawa dalam waktu yang agak singkat ketimbang kanker lainnya.

Kanker darah penderitanya tidak sebanyak kasus kasus penyakit kanker lainnya, seperti kanker payudara, kanker usus dan lain lain. Maka dari itu kita perlu berhati hati dan waspada akan perkembangan penyakit tersebut, agar tidak muncul dan berkembang dalam tubuh.

Anda dapat menempuh pengobatan herbal ntuk pencegahan leukimia, salah satu cara yang digunakan adalah rutin mengkonsumsi rebusan daun tapak dara, dikarenakan manfaat daun tapak dara yang begitu banyak. Selain itu anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga, supaya penyakit leukimia tidak muncul.

Cara mengatasi kanker darah dengan menggunakan daun tapak dara adalah dengan menyiapkan dua puluh gram daun tapak dara serta adas pulawaras, dan satu liter air. Setelah itu campur ketiga bahan tersebut, lalu rebus, setelah itu anda dapat menyaringnya dan bila perlu minum ramuan herbal tersebut dua kali dalam sehari.

10. Mencegah Kanker Payudara

Nah kanker payudara hanya di diidap oleh wanita, selain dari kanker sesrviks, kanker payudara juga menjadi pemicu kematian bagi wanita. Akhir akhir inikanker payudara banyak dialami oleh wanita di berbagai belahan bumi.

Banyak penyebab dari kanker payudara, mulai dari faktor genetika, radikal bebas, serta gaya hidup yang tidak sehat. Keadaan tersebut tentunya harus menjadikan perhatian khusus, terutama kaum wanita.

Untuk itu terapkan pola hidup sehat dan hindari polusi berlebih, stress pemicu kanker payudara, selain itu anda juga dapat mengkonsumsi daun tapak dara yang manfaatnya mampu mencegah kanker payudara.

11. Mencegah Timbulnya Kanker Usus

Di era modern seperti sekarang kanker usus bukanlah sebuah penyakit baru yang langka, bisa dibilang penyakit ini semakin meningkat.

Pola hidup yang tidak sehat, makan makanan junk food dan makanan yang berminyak, makanan yang terkontaminasi zat zat logam yang berbahaya, serta radikal bebas yang masuk dalam sistem pecernaan, dapat menyebabkan kenker usus.

Mulai dari sekarang anda dapat mengkonsumsi daun tapak dara secara rutin untuk membantu mencegah penyakit kanker usus, dan supaya usus anda lebih sehat, tentunya juga dengan mengurangi makanan yang tidak sehat, dan kurang higenis.

11. Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi, akhir akhir ini penderitanya semakin bertambah pesat. Hal tersebut kebanyakan disebabkan gaya hidup yang kurang sehat, akibat mengikuti gaya hidup modern yang sangat dinamis.

Jika dibiarkan terus menerus, maka tekanan darah tinggi akan memunculkan berbagai penyakit, karena hipertensi merupakan pemicu penyakit serius lainnya, misal serangan jantung dan stroke.

Maka dari itu, penyakit tersebut tentunya sangat berbahaya dan mematikan, karena merupakan salah satu penyebab kematian bagi banyak kasus kematian akibat penyakit. Nah anda dapat mngatasi hipertensi.

12. Megobati Susah Buang Air Kecil

Kadang susah buang air kecil biasanya disepelekan oleh beberapa orang, namun penyakit tersebut dapat meimbulkan rasa sakit dan nyeri, juga menjadi salah satu indikasi penyakit lain dalam tubuh yang cukup serius. Maka dari itu bagi penderita susah buang air kecil disertai dengan rasa nyeri dan sakit yang begitu parah, maka harus segera diatasi.

Manfaatkan daun tapak dara sebagai penyembuh susah buang air kecil. Daun tapak dara mampu melakukan hal tersebut dikarenakan sifatnya yakni diuretik, yang baik untuk kesehatan kandung kemih anda, sehingga jika buang air kecil menjadi semakin lancar.

Baca Juga  Langkah-Langkah Audit Pemasaran

Caranya yakni dengan meminum rebusan air daun tapak dara secara rutin dan rajin berolahraga, maka anda akan erasakan manfaatnya untuk tubuh anda.

13. Menurunkan Panas Demam

Nah panas demam tentunya anda pernah mengalaminya bukan. Panas demam dapat dialami siapa saja, tidak memandang umur, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Kadang demam mudah untuk dsembuhkan, namun adapula demam yang sulit disembuhkan.

Jika demam terlalu tinggi dapat menyebabkan kejang kejang. Bila terjadi hal demikian, maka anda harus cepat cepat dan segera mengatasinya, agar tidak menimbulkan efek yang lebih parah.

Meminum rebusan daun tapak dara merupakan salah satu cara herbal untuk menangani dan menurunkan panas demam. Kandungan anti piterik dalam daun tepak dara lah yang berperan menurunkan suhu tubuh yang demam.

14. Mengatasi Luka Kulit Akibat Terbakar

Jika anda terkena knalpot yang masih panas tentunya tidak menyenangkan bukan, eek nya tersa sakit, pedih dan ngilu pada kulit, selain itu juga dapat menyebabkan trauma.

Jadi selain berhati hati ketika dekat dengan benda yang menghasilkan panas, bila sudah terkena panas maka cara mengatasinya adalah dengan menempelkan tumbukan daun tapak dara, agar rasa ngilu dan sakitnya cepat hilang. C

ara mengolah daun tapak dara untuk menyembuhkan luka bakar cukup mudah, yakni dengan menumbuk daun tapak dara beberapa helai dan tempelkan pada bagian kulit yang melepuh.

15. Mencegah Kanker Rahim

Selain kanker payudara, kanker rahim juga menjadi salah satu pembunuh wanita. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kanker rahim. Olah dan konsumsi daun tapak dara untuk mencegah munculnya kanker.

Cara mengolah daun tapak dara untuk mengatasi kanker rahim sebagai berikut. Siapkan dan tapak dara tiga puluh gram dan daun rumut lidah ular juga tiga puluh gram. dan air enam ratus cc. Setelah itu cuci hingga bersih dan rebus kedua bahan tersebut dengan air, hingga tersisa duaratu cc air. Anda dapat meminumnya selagi masih hangat, dan jangan lupa menyaringnya terlebih dahulu sebelum diminum.

16. Mengatasi Tangan Gemetar

Nah salah satu masalah yang cukup sepele, namun menyebalkan adalah tangan gemetaran. Untuk mengatasinya gunakan daun tapak dara untuk penyembuhannya dengan cara siapkan empat hingga tujuh helai daun tapak dara. Rebus atau seduh dengan segelas air panas. Nah saring terlebih dahulu sebelum anda meminumnya, dan minum pada kondisi masih hangat.

17. Borok, Bengkak dan Gondok Pada Kulit

Selain untuk mengatasi luka bakar, ternyata ada manfaat daun tapak dara untuk kulit. Yakni jika kulit anda terkena gondong, bengkak maupun borok akibat luka. Caranya siapkan segenggam daun tapak dara dan tumbuk hingga halus dan tempelkan pada luka.

Cara Mengolah Daun Tapak Dara

Untuk mengolah daun tapak dara, seuapaya dapat diambil manfaatnya untuk kesehatan tubuh, kebanyakan terbagi menjadi dua macam yakni ditumbuk dan direbus, tergantung pada dimana dan penyakit yang diobatinya. Simak beberapa cara mengolah daun tapak dara berikut ini.

1. Merebus Daun Tapak dara

Cara Mengolah daun tapak dara dengan merebus, biasanya dipakai untuk mengobati penyakit dalam, setelah direbus rebusan tadi diminum selagi hangat.

Cara mengolahnya hampir sama, namun Untuk komposisi campurannya berbeda beda. Tergantung untuk mengatasi penyakit yang diderita. Seperti mengatasi leukimia ditambahkan adas pulawaras dan menggunakan dua puluh gram daun tapak dara.

Untuk kanker, komposisinya lima belas gram tapak dara dan enam puluh gram pepaya segar, daun bayam merah sebanyak tiga puluh gram dan rumput mutiara juga sebanyak tiga puluh gram, dengan tujuh ratus cc air.

Untuk mengatasi kanker payudara komposisinya lima belas gram daun tapak dara kering dan empat ratus c air. Mengatasi kanker rahim dengan menyiapkan lima belas grap daun tapak dara dan tiga puluh gram rumput lidah ula dan enam ratus cc air.

Daun tapak dara untuk diabetes siapkan tiga puluh gram daun tapak dara dan daun keji beling, lima belas gram daun tempuyung dan air sebanyak enam ratus cc.

  • Cara mengolah daun tapak dara semuanya sama yakni campur bahan yang dibutuhkan
  • Sebelumnya cuci terlebih dahulu
  • Rebus dengan air bersih hingga mendidih.
  • Saring dan minum selagi masih hangat

2. Cara Mengolah Daun Tapak Dara Dengan Ditumbuk

Jika daun tapak dara dimanfaatkan untuk mengobati luka, biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi dan mengobati penyakit luar, terutama pada kulit

  • Caranya siapkan segenggam daun tapak dara
  • Cuci hingga bersih dengan menggunakan air mengalir.
  • Taruh dalam wadah dan tumbuk sampai halus, atau bisa juga dengen memblender atau mengunyahnya langsung.
  • Tempelkan pada bagian kulit yang akan di obati.

Jadi kebanyakan pemanfaatan daun tapak dara dengan cara ditumbuk bertujuan untuk mengobati penyakit luar, terutama untuk menyembuhkan luka pada kulit

Itulah beberapa informasi tentang manfaat daun tapak dara yang luar biasa jika benar dalam pemakaiannya, selain itu cara mengolah daun tapak dara juga perlu diperhatikan.

Daun tapak dara memang mengandung banyak nutrisi yang berperan besar dalam menunjang kesehatan, dan mencegah penyakit. Walaupun tanaman tapak dara murah dan mudah didapat namun jangan remehkan khasiat besar dalam daun yang satu ini. Mungkin anda juga perlu menyimak manfaat leunca yang juga punya khasiat besar bagi kesehatan dan kecantikan seperti halnya daun tapak dara.

Sekian saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Manfaat alami dari tumbuhan memang begitu besar jika diular menyeluruh, namun banyak orang yang meremehkan karena mungkin murah dan mudah ditemukan selayaknya manfaat air putih yang luar biasa.

Sampai disini artikel saya kali ini, jangan lupa simak berbagai macam artikel manfaat alami, tumbuhan, daging, sayur, hingga nutrisi. Jika ada saran dan komentar demi kesempurnaan artikel pada blog ini, silahkan masukkan pada kolom komentar, sekian dan terimakasih atas kunjungannya.